Cara Membuat CV yang menarik untuk HRD

Langkah pertama saat melamar pekerjaan impian biasanya dimulai dengan mengirimkan CV (curriculum vitae) ke HRD (Human Resources Development) di perusahaan yang Anda tuju. Kiat untuk membuat CV yang bagus di bawah ini akan membantu Anda melangkah lebih jauh dalam proses perekrutan. Berikut berita teknologi terkini cara membuat cv yang menarik untuk HRD.

Membuat CV yang menarik 

Dengan CV, HRD melihat dan memilih profil pelamar untuk memudahkan mereka melihat kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Profil, skill, pengalaman, prestasi dan data pribadi biasanya dirangkum dalam sebuah CV sehingga menjadi tolak ukur utama pertimbangan HRD dalam meloloskan pelamar ke tahap selanjutnya. Oleh karena itu  banyak kandidat merancang Curriculum Vitae yang menarik dan indah dengan harapan CV mereka akan diperhatikan oleh HRD.

Namun, apa sebenarnya CV yang menarik HRD? Apa yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan pekerjaan? Anggap saja Anda sudah mengetahui teknik dasar pembuatan curriculum vitae, pada artikel kali ini kami akan mengulas sisi teknis krusial yang sering diabaikan oleh pelamar. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Membuat CV yang menarik untuk HRD 

Saat melamar pekerjaan, Anda secara tidak langsung adalah produk yang menjual diri Anda di perusahaan. Langkah pertama dalam proses rekrutmen adalah HRD melihat CV. Selain CV dengan desain yang apik, fokus HRD juga pada konten yang memuat pengalaman hidup, kompetensi dan prestasi yang terkandung di dalamnya. Pertanyaannya adalah: mana yang lebih penting antara desain dan konten? Jika Anda menjawab salah satunya, maka Anda salah.

CV harus memenuhi standar ATS (ATS Friendly)

Saat ini, dunia terus mengalami perkembangan zaman.  Bisakah Anda bayangkan jika HRD akan kesulitan menyortir CV dan membacanya satu per satu? Dengan algoritma ATS, tugas HR akan lebih mudah dalam menentukan CV pelamar yang dibutuhkan perusahaan. Alhasil, pekerjaan HR menjadi lebih efektif.

Hindari menggunakan desain yang mencolok: ATS tidak bisa membaca desain yang terlalu ramai dan nyentrik. Usahakan menggunakan warna dan desain yang polos agar sistem dapat membacanya dengan mudah.

Gunakan ukuran font dan jenis huruf normal, Jangan gunakan objek yang belum dibaca. Dan Gunakan hitam dan putih. Inilah informasi yang dihimpun Teknobgt.com berikut contoh cv menarik yang telah saya buat, sekian terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *