Ketahui Penyebab & Cara Menaikkan Hb Yang Rendah – Medisweb

Ada beberapa cara menaikkan Hb, mulai dari konsumsi makanan kaya zat besi hingga melakukan tindakan medis seperti, transfusi darah.

Fungsi Utama & Batas Normal Hemoglobin (Hb) Dalam Tubuh

Hemoglobin (Hb) merupakan protein kaya zat besi pada pada sel darah merah (eritrosit) yang berfungsi buat membawa oksigen ke semua tubuh dan membawa karbon dioksida kembali ke paru. Protein ini jugalah yg memberikan rona merah pada darah.

Batas normal kadar Hb sendiri buat setiap orang mampu tidak selaras, tergantung pada jenis kelamin dan usia. Berikut batas normal kadar Hb dari WHO:Anak 6 bulan – 6 tahun = 11,0 gr/dL.Anak 6 tahun – 14 tahun = 12,0 gr/dL.Pria dewasa = 13,0 gr/dL.Wanita dewasa = 12.0 gram/dL.Ibu hamil = 11,0 gr/dL dalam trimester I dan III, 10,lima gram/dL dalam trimester II.Apa yang Menyebabkan Tubuh Kekurangan Hemoglobin (Hb)?

Ada beberapa syarat maupun penyakit yang mampu menyebabkan kadar Hb dalam tubuh rendah atau kurang, yakni:Kekurangan nutrisi, utamanya zat besi, asam folat, dan vitamin B12.Kehamilan.Penyakit kronis, seperti gagal ginjal, hipotiroidisme, sirosis, gangguan sumsum tulang, dan infeksi misalnya malaria.Kehilangan banyak darah, misal akibat luka berat, menorrhagia (perdarahan menstruasi yg berlebihan), perdarahan dalam saluran cerna, dll.Kelainan darah, misalnya thalassemia, kanker darah (leukemia), dan limfoma.Bagaimana Cara Menaikkan Hb Dalam Darah?

Untuk mengatasi kadar Hb rendah, pertama tingkatkan asupan kuliner yg kaya zat besi, folat, dan vitamin B12. Sertai jua dengan konsumsi kuliner tinggi vitamin C, protein, dan vitamin A buat memaksimalkan penyerapan zat besi pada dalam tubuh. Konsumsilah suplemen zat besi apabila memang direkomendasikan sang dokter.

Pada beberapa kasus yg berat, diharapkan tindakan medis lebih jauh, seperti transfusi darah, terapi eritropoietin, ataupun terapi sel punca. Selengkapnya simak beberapa cara mempertinggi Hb berikut adalah:1. Tingkatkan asupan kuliner kaya zat besi

Tubuh insan membutuhkan zat besi buat sanggup membuat hemoglobin. Lantaran itu, perbanyaklah asupan kuliner kaya zat besi. Contohnya, daging dan hati sapi, tiram, udang, sayur bayam, hati ayam, dan sereal yang diperkaya zat besi.dua. Perbanyak pula asupan makanan asal folat & vitamin B12

Selain zat besi, komponen lain yang diperlukan untuk proses produksi hemoglobin & sel darah merah yg mengangkut oksigen ke semua tubuh adalah folat (vitamin B9) & vitamin B12.

Contoh kuliner yg sarat akan folat, yakni butir jeruk, alpukat, butir bit, pepaya, sayuran berdaun hijau, & kacang-kacangan. Sementara makanan yang bisa sebagai sumber vitamin B12 adalah daging merah, daging ikan, telur, kerang, susu, dan produk turunannya, dan sereal yang sudah difortifikasi folat dan B12.

Baca juga: Manfaat Asam Folat untuk Pria & Makanan yg Mengandung Asam Folat Tinggi3. Maksimalkan penyerapan zat besi

Untuk memaksimalkan penyerapan zat besi, tubuh membutuhkan asupan vitamin C dan vitamin A pada jumlah relatif. Sumber vitamin C terbaik dapat diperoleh berdasarkan butir-buahan seperti, jeruk, jambu biji, pepaya, lemon, dan kiwi.

Sementara vitamin A atau beta-karoten dapat ditemukan dalam aneka macam jenis sayuran dan butir-buahan berwarna oranye, seperti wortel, ubi jalar, labu kuning, mangga, blewah, dan pepaya. Dan dari asal hewani, misalnya hati sapi, minyak hati ikan kod, & ikan berlemak.4. Konsumsi suplemen

Kadar Hb rendah dapat diatasi juga melalui hadiah suplemen yg mengandung zat besi, folat, & vitamin B12.

Pemberian suplemen ini, harus dari anjuran dokter agar dosis pemakaiannya tepat. Karena jika hingga berlebih, maka bisa mengakibatkan sejumlah imbas samping, misalnya mual, sakit perut, sembelit, diare, feses berwarna gelap, dan muntah.5. Atur konsumsi kuliner tinggi kalsium

Makanan tinggi kalsium, misalnya susu, & produk turunannya, termasuk pula suplemen kalsium, dapat merusak penyerapan zat besi di dalam tubuh. Oleh karenanya, kuliner atau suplemen kalsium jangan dikonsumsi secara bersamaan. Beri jarak lebih kurang 1-2 jam sebelum mengonsumsi kuliner atau suplemen zat besi.

Sama halnya, kuliner tinggi tanin, misalnya teh, & kopi, dan kuliner yg mengandung fitat, seperti tahu, dan tempe, nir disarankan buat dikonsumsi bersamaan dengan kuliner atau suplemen zat besi.6. Tindakan medis yg diperlukan

Untuk perkara anemia berat atau mempunyai masalah kesehatan yg menyebabkan tubuh tak mampu menghasilkan Hb menggunakan normal, maka diharapkan prosedur medis lebih lanjut, diantaranya:Transfusi darah.Terapi sel punca (stem cell therapy).Terapi eritropoietin.

Itulah beberapa cara untuk menaikkan Hb. Kadar Hb sendiri bisa diketahui menggunakan melakukan inspeksi darah lengkap.

Jangan ragu buat segera memeriksakan diri ke dokter, terlebih jika mengalami sejumlah tanda-tanda, seperti mudah lelah atau merasa capek terus-menerus, pusing, sesak napas, kulit dan gusi pucat, jantung berdebar, serta pandangan berkunang-kunang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *