Cara Mencegah & Mengatasi Anemia

Anemia adalah suatu kondisi dimana terlalu sedikit sel darah merah yg tersebar. Karena sel darah merah bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke organ-organ dan sel-sel tubuh, kekurangan sel darah merah dapat mengancam jiwa.

Besi adalah komponen primer sel darah merah, dan kekurangan zat besi merupakan penyebab utama kurang darah. Rendahnya tingkat zat besi pada tubuh menyebabkan penurunan produksi sel darah merah.

Penyebab paling umum berdasarkan kekurangan zat besi adalah kehilangan darah, umumnya melalui menstruasi yang hiperbola atau perdarahan gastrointestinal. Kondisi ini jua mampu ditimbulkan sang asupan zat besi yang nir memadai, peningkatan penggunaan besi sang tubuh lantaran pertumbuhan yang cepat (seperti pada masa bayi, masa remaja, & kehamilan), penyerapan yg tidak baik (contohnya, penyakit celiak atau operasi perut sebelumnya, termasuk prosedur “stomach stapling”), dan lainnya. Setelah kehabisan simpanan zat besinya, kurang darah berkembang.

Kekurangan zat besi generik di negara berkembang. Di negara-negara industri maju, prevalensi kekurangan zat besi lebih rendah sekitar 20 %, dalam beberapa asumsi – sebagian karena fortifikasi besi pada produk biji-bijian. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), kurang lebih 7 persen balita, 4 sampai lima persen anak-anak, 9 sampai 16 persen berdasarkan perempuanmenstruasi, & 2 persen laki-lakipada bawah umur dan laki-lakidewasa mengalami kekurangan zat besi.Gejala umum anemia :KelemahanKelelahanLekas murka Perubahan suasana hatiSakit ketuaPenurunan nafsu makan (terutama pada anak)Perubahan warna kulit menjadi pucat atau kebiruan (dalam orang yg berkulit gelap, hal ini dapat dilihat dalam mata atau telapak tangan)Sesak napasAnemia: Faktor Risiko, Diagnosa, & PengobatanFaktor RisikoUsia: Anak-anak memiliki risiko lebih besarkekurangan zat besi lantaran pertumbuhan yg cepat, terutama pada 2 tahun pertama kehidupan.Jenis Kelamin: Perempuan umumnya mengkonsumsi zat besi lebih sedikit berdasarkan dalam pria & mungkin memiliki kebutuhan yg lebih besaruntuk zat besi, tergantung dalam termin hayati mereka. Rata-rata, wanita menstruasi kehilangan 30 sampai 45 miligram zat besi per bulan. Kehamilan & persalinan memakai kurang lebih 1 gram besi mak. Menyusui anak menggunakan total sekitar 1 gram besi ibu dalam tahun pertama kehidupan.Penyakit ulkus peptikum & gastritis: Gangguan ini menyebabkan hilangnya darah, yg dapat menguras cadangan zat besi. Aspirin dan obat anti-radang (NSAID) sering memberikan donasi.Kanker: Kanker pencernaan, lambung, & kanker gastrointestinal lainnya seringkali menyebabkan perdarahan tidak terlihat.Olahraga yg hiperbola: Jarang, kehilangan darah terjadi lantaran olah raga yang intens. Kehilangan zat besi pula hasil menurut keringat yang semakin tinggi. Secara spesifik, kehilangan tersebut dapat mensugesti atlet remaja wanita sebagai anemia.Faktor diet (lihat Diet untuk Anemia).DiagnosaPemeriksaan fisik, termasuk riwayat diet & menstruasi, sangat penting.Tes darah sederhana secara akurat dapat menilai status zat besi seorang.Biopsi sumsum tulang buat menentukan simpanan besi pada tulang sumsum merupakan langkah baku penaksiran pada masa lalu, tetapi prosedur ini kinisporadis diharapkan.PengobatanPengobatan melibatkan penyelesaian kekurangan zat besi pasien, dan menangani penyebab yang mendasarinya (misalnya, maag, keganasan penyakit, aliran menstruasi yg hiperbola, defisiensi diet, malabsorpsi zat besi).Ferrous sulfate merupakan suplemen zat besi berkaitan dengan mulut yang paling seringkali dipakai & poly tersedia, namun pula dapat mengakibatkan perut lebih sakit daripada bentuk-bentuk lain menurut zat besi. Dosis dewasa umumnya merupakan 325 miligram besi sulfat diminum sampai tiga kali sehari.Produk-produk susu wajibdihindari karena mereka mengganggu penyerapan zat besi berkaitan dengan mulut (lihat Diet buat Anemia). Suplemen wajibdiminum dalam waktu perut kosong, jika ditoleransi, & setidaknya 2 jam sebelum atau empat jam selesainya, antasid.Asupan vitamin C (asam askorbat) beserta-sama meningkatkan penyerapan zat besi. Segelas juz jeruk mengandung cukup vitamin C yg secara signifikan menaikkan penyerapan zat besi berdasarkan makanan.Jika suplemen oral tidak cukup, suntikan zat besi intramuskular dan pengobatan zat besi intravena tersedia.Diet buat Anemia

Zat besi tersedia pada dua bentuk: heme dan nonheme. Zat besi heme ditemukan dalam otot dan darah fauna, sedangkan zat besi nonheme ditemukan baik pada produk hewani & dalam aneka macam kuliner botani.

Zat besi heme dalam makanan diserap pada tingkat yang relatif kontinu kurang lebih 23 persen, lepas menurut faktor diet lainnya. Di sisi lain, penyerapan zat besi nonheme bervariasi, tergantung pada faktor-faktor diet lainnya, seperti dijelaskan pada bawah ini.Sumber zat besi sehat antara lain sayuran hijau dan kacang-kacangan. Meskipun mitos tetap terdapat bahwa daging merupakan sumber zat besi, pola makan vegetarian seimbang yang meliputi kacang-kacangan, biji-bijian yg diperkaya, dan sayuran hijau menyediakan sejumlah zat besi yg memadai. Penelitian sudah memperlihatkan bahwa perkara kurang darah lantaran kekurangan zat besi nir lebih akbar antara individu-individu yang mengkonsumsi makanan vegetarian yang sehat dibandingkan mereka yang makan daging. Sebaliknya, vegetarian menerima zat besi yang memadai, tanpa lemak hewani & kolesterol yg ditemukan pada asal zat besi berbasis hewani.Produk susu & telur mengurangi penyerapan zat besi. Susu dan beberapa bentuk kalsium Mengganggu penyerapan zat besi. Telur (terutama kuning telur) pula ada buat menghambat penyerapan zat besi. Selain itu, bayi yg alergi terhadap susu sapi sangat beresiko buat mengalami kemiskinan tingkat besi. Suatu penelitian menerangkan bahwa semakin banyak mengkonsumsi produk susu sapi, maka tingkat zat besi dalam balita menurun. Mereka yang mengkonsumsi susu paling poly memiliki kadar zat besi yang rendah, & begitu jua kebalikannya.Buah-buahan & sayuran membantu penyerapan zat besi nonheme. Buah dan sayuran mengandung vitamin C dan asam organik (misalnya asam sitrat) yang mempertinggi penyerapan zat besi nonheme. Vitamin A & karotenoid jua menaikkan penyerapan zat besi. Menambahkan vitamin A dalam anugerah suplemen zat besi jua telah terbukti membuat lebih sedikit perkara kurang darah dibandingkan menggunakan anugerah tablet besi saja.Teh, kopi, dan coklat usahakan nir dikonsumsi menggunakan kuliner dalam pasien dengan kurang darah lantaran kekurangan zat besi. Polifenol dalam minuman ini menghambat penyerapan zat besi nonheme. Teh hitam sepertinya yang paling menghambat penyerapan zat besi dalam hal ini.Mengasup zat besi yang memadai sebelum kehamilan bisa membantu mencegah kurang darah dalam ibu & bayi. Kekurangan zat besi lebih generik dalam perempuanusia fertile, khususnya selama kehamilan. Kebutuhan tubuh akan zat besi meningkat hampir 10 kali lipat selama kehamilan & menyusui, & kekurangan zat besi pada trimester pertama kehamilan menyebabkan pertumbuhan janin, pertumbuhan saraf, dan perilaku yg secara signifikan lebih tidak baik dibandingkan dengan apa yg terjadi apabila bunda memiliki zat besi yang memadai. Pada makmenggunakan kekurangan zat besi, menyusui secara tertentu sering menyebabkan kekurangan zat besi dalam bayi. Tanpa zat besi yg relatif sebelum kehamilan, suplementasi zat besi mungkin diperlukan selama kehamilan (lihat di bawah).ASI mengandung zat besi yang signifikan. ASI & susu sapi mengandung konsentrasi zat besi yg sama (0,5 milligram/100 mililiter), meskipun menyusui lebih baik karena aneka macam alasan. Susu formula yang tidak difortifikasi mengandung lebih kurang 20 % zat besi yang ditemukan dalam ASI, sedangkan susu formula yang difortifikasi mempunyai konsentrasi zat besi lebih dari 2 kali lipat. Meskipun jumlahnya lebih tinggi, zat besi dalam ASI lebih mudah diserap daripada susu formula yang berbasis kedelai atau susu sapi.Suplemen zat besi tidak dianjurkan bagi orang yg tidak kekurangan zat besi. CDC merekomendasikan bahwa suplementasi zat besi diberikan secara individual berdasarkan taraf besi sehabis diperiksa. Secara spesifik, suplementasi zat besi wajibdihindari pada individu dengan kadar zat besi normal, karena kelebihan zat besi dikaitkan dengan risiko lebih tinggi menderita kanker usus akbar, penyakit jantung koroner, dan resistensi insulin. Di sebagian akbar dunia modern, banyak orang yang berisiko mempunyai terlalu banyak zat besi, daripada yg zat besinya terlalu sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *