Usia Kehamilan 10 Minggu, Ingat Makan Makanan Kaya Zat Besi

Usia kehamilan Bunda telah mencapai 10 minggu? Selamat ya, Bunda sudah mendekati akhir periode trimester pertama kehamilan. Jika sebelumnya si Kecil terdapat pada termin perkembangan embrio, sekarang si Kecil memasuki termin selanjutnya menjadi janin. Si Kecil pada perut Bunda memang baru ukuran sekitar 3 cm atau sebanyak buah zaitun, namun otaknya berkembang lebih cepat daripada bagian tubuh lainnya. Jari kaki si Kecil mulai terpisah dan ia menjadi lebih aktif setiap hari. Si Kecil bahkan telah mulai tidur, bangun, & melatih otot-ototnya. Tulang belakangnya pun mulai terlihat kentara.Pentingnya Zat Besi Selama KehamilanIbu hamil perlu mengonsumsi kuliner yang beraneka ragam buat memenuhi kebutuhan zat gizi makro maupun mikro. Beberapa jenis zat gizi mikro yg penting bagi makhamil & janin adalah asam folat, kalsium, iodium, zink, & zat besi Bunda yang sedang hamil membutuhkan asupan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yg tidak hamil yaitu sekitar 28-48 mg/hari. Kebutuhan zat besi ibu hamil semakin tinggi 50% jika dibandingkan menggunakan kebutuhan sebelum hamil. Hal ini terjadi terutama pada trimester 2-3, sehingga konsumsi kuliner tinggi zat besi buat ibu hamil  pada waktu awal kehamilan pun mungkin belum relatif. Zat besi diperlukan dalam tubuh Bunda buat pembentukan sel & jaringan baru. Selain itu, zat besi adalah unsur penting dalam pembentukan hemoglobin pada sel darah merah. Kekurangan zat besi pada ibu hamil berisiko membahayakan kesehatan Bunda dan si Kecil di pada kandungan. Zat besi juga berperan pada mengalirkan oksigen ke janin & dalam pembentukan struktur otak janin. Dengan asupan zat besi yang cukup & berkualitas, Bunda mampu mengharapkan si Kecil kelak tumbuh menjadi anak yg sanggup berpikir cepat serta percaya diri. Oleh karena itu, penuhi asupan zat besi Bunda hamil menggunakan mengonsumsi kuliner sumber zat besi alami atau makanan yg telah diperkaya menggunakan zat besi. Makanan yang Mengandung Zat BesiDokter atau petugas kesehatan yang menjadi tempat Bunda berkonsultasi umumnya akan merekomendasikan suplemen zat besi. Namun pada samping itu, Bunda usahakan mengonsumsi kuliner kaya zat besi buat bunda hamil sehari-hari seperti:Hati ayamDaging merahBiji-bijianKacang-kacangan  IkanTelurBuah-buahanSayur berdaun hijauSusu kehamilan yg tinggi zat besi

Tak hanya berperan menjadi asal zat besi, kuliner-makanan ini jua mengandung banyak sekali nutrisi krusial lainnya yang diharapkan Bunda dan si Kecil di dalam kandungan. Untuk melengkapi nutrisi yg diperlukan, Bunda sanggup mengonsumsi susu spesifik makhamil yang telah diperkaya nutrisi penting buat makhamil, misalnya zat besi, asam folat, kalsium & vitamin D, dan minyak ikan buat dukung perkembangan otak janin. Susu khusus untuk kehamilan dengan zat besi yang tinggi dan asam folat yang tinggi diharapkan buat mendukung pertumbuhan si Kecil pada perut Bunda. Biasanya, susu buat ibu hamil ini jua tersedia pada majemuk pilihan rasa enak yg sudah diubahsuaikan dengan selera, buat mengatasi rasa mual yg kerap Bunda rasakan ketika hamil. Jangan Lupa Konsumsi Makanan Sumber Vitamin CSatu hal yg perlu Bunda jangan lupa, zat besi jua membutuhkan vitamin C buat penyerapannya yang lebih baik. Kombinasi vitamin C & zat besi menggunakan rasio yang sinkron dapat membantu menaikkan penyerapan zat besi di pada tubuh. Oleh karena itu waktu Bunda mengonsumsi makanan kaya kaya zat besi untuk makhamil, sertakan pula makanan atau minuman yang mengandung vitamin C. Caranya bisa menggunakan menikmati segelas jus jeruk, menambahkan perasan air jeruk nipis pada menu masakan, atau memakan butir potong seperti pepaya, jambu biji, & stroberi. Sumber:Artikel Danone Global “Healthy Pregnancy – Week 10” including:https://www.cgbabyclub.co.uk/pregnancy/weeks/10-weeks-pregnant.htmlhttps://www.babycentre.co.uk/slideshow-baby-sizehttp://promkes.kemkes.go.id/pentingnya-konsumsi-tablet-fe-bagi-bunda-hamilhttps://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data/0000/data/1333/sdgs_2/1https://www.babycentre.co.uk/10-weeks-pregnant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *