Kuliner Sayuran Menaikkan Hemoglobin

Lantaran tubuh Anda membutuhkan zat besi buat menciptakan hemoglobin, kadar hemoglobin yang rendah umumnya menerangkan anemia kekurangan zat besi & kebutuhan buat makan kuliner yg kaya zat besi. Periksa dengan profesional kesehatan buat memilih apakah faktor-faktor lain, seperti gangguan pencernaan atau obat-obatan, dapat mengganggu kemampuan Anda buat menyerap zat besi.Daging

Besi ditemukan dalam daging merah, misalnya hati, lebih mudah diserap sang tubuh Anda daripada besi menurut asal tanaman . Vitamin C membantu penyerapan zat besi, jadi makan sejumlah kecil daging tanpa lemak dengan butir-buahan atau sayuran segar, bisa menaruh lebih poly zat besi daripada makan makanan sayur saja. Daging jua merupakan asal yang baik berdasarkan vitamin B-12, yg dibutuhkan buat tingkat hemoglobin normal. Unggas, ikan, tiram & kuning telur adalah sumber tambahan zat besi, tetapi putih telur dan kalsium pada produk susu bisa menyumbat penyerapan zat besi. WomensHealth.gov memperingatkan bahwa minum kopi atau teh menggunakan kuliner jua bisa mengurangi jumlah besi yg akan diserap tubuh Anda.Kacang & Biji

Produk yg terbuat berdasarkan kedelai, seperti memahami, tinggi akan zat besi. Lentil dimasak, buncis atau kacang kering lainnya, termasuk limas, pintos, atau kacang putih, dapat menyediakan dua,1-tiga,9 mg zat besi per 1/dua cangkir, dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Waluh dan labu biji bahkan lebih kaya mineral, menawarkan 4,dua mg / oz.Buah Kering

Makan kuliner ringan yg nyaman kaya zat besi acapkali, misalnya aprikot kering, plum, kurma dan kismis. Bayi dan Anak-anak lebih mungkin buat memiliki hemoglobin yang lebih tinggi jika orang tua mereka memberi mereka lebih banyak makanan ringan, termasuk buah-buahan kering. Penelitian dilakukan pada Texas Tech University, dan diterbitkan pada edisi September 2007 ” Journal Kesehatan Ibu & Anak.”Sereal yg diperkaya

Banyak sereal & roti sudah menambahkan zat besi. Mengonsumsi makanan yang diperkaya zat besi mungkin sama efektifnya dengan merogoh setetes suplemen zat besi, setidaknya dalam anak-anak. Konsentrasi hemoglobin sama-sama semakin tinggi dalam ke 2 grup dalam akhir 5 bulan. Studi ini dipublikasikan pada Januari 2010 pada “Journal of Nutrition.”ASI

Menyusui bayi Anda dapat menaikkan hemoglobin-nya. Para ilmuwan menemukan bahwa hemoglobin meningkat dari usia 1 sampai 2 dalam anak-anak yang diberi ASI selama setidaknya enam bulan. Penemuan ini dipublikasikan pada Mei 2005 “Journal of American Dietetic Association.”Cara buat mempertinggi tingkat hemoglobin:

Kadar hemoglobin rendah lantaran anemia defisiensi besi dapat dikoreksi dengan memasukkan sumber zat besi yang kaya dalam kuliner Anda. Sayuran berdaun seperti bayam (palak) dan daun kelabat (methi), kacang-kacangan dan lentil misalnya chole, kacang hijau, Rajma. Asparagus (Shatwar) dan biji wijen (til) adalah asal yg baik lainnya dari besi. Biji-bijian misalnya gandum (jav), beras, semolina (Sooji), bajra & jagung (makai) juga bisa dimasukkan. Anda mampu memakai kombinasi berdasarkan galat satu asal tadi buat memasak resep lezatkaya besi. Jika tidak, mengunyah butir-buahan kemarau misalnya almond (badaam), butir persik kering atau kismis (manuka). apabila Anda seorang non-vegetarian, daging & ikan adalah asal terbaik zat besi buat Anda.

Makanan kaya vitamin C membantu tubuh buat menyerap zat besi menurut makanan. Kadar hemoglobin rendah lantaran kekurangan vitamin C bisa diperbaiki menggunakan mengonsumsi buah-buahan misalnya jambu biji (peru / amrud), kiwi, pepaya, jeruk, stroberi dan jeruk. Anda dapat menikmatinya bersama-sama menggunakan menciptakan salad buah enak atau juz butir campuran. Sayuran kaya vitamin C termasuk capsicum (Shimla mirch), brokoli (hara Phool gobi), kubis (Gobi), tomat dan bayam (palak).

Jika jumlah hemoglobin Anda rendah karena tubuh Anda nir memproduksi sel darah merah yg cukup, maka Anda sanggup kekurangan asam folat, vitamin B kompleks yg dibutuhkan buat menciptakan sel-sel darah merah. Sumber asam folat termasuk lentil, kacang kering, kacang polong, kubis Brussel (chota Band gobi), pisang, jagung (makai), bit, nanas dan kacang. (Catatan: apabila Anda memiliki lebih berdasarkan asal Vitamin C maka Anda wajibmenaikkan asupan asam folat juga karena Vitamin C mengakibatkan ekskresi asam folat menurut tubuh).

Cara lain adalah menggunakan menambahkan rempah-rempah kering pada makanan Anda buat menaikkan penyerapan zat besi. Terutama, ketumbar (dhania), spearmint (Pudina), kemangi (tulsi), seledri (chevil), peterseli kemarau (sukhe ajamoda), daun salam (tejpatta) bisa membantu.

apabila Anda kekurangan dalam besi Anda wajibmenghindari makanan yang kaya kalsium misalnya susu & keju. Mereka menyumbat penyerapan zat besi. Jangan minum terlalu poly kopi, teh dan alkohol. Makanan yg mengandung gluten misalnya pasta dan produk gandum jua menyebabkan kurang darah.

Kadang-kadang, makanan misalnya peterseli (Ajwain) yg kaya akan asam oksalat pula dapat mengganggu penyerapan zat besi. Mintalah mereka pada jumlah terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *