Cara Efektif Dan Aman Menaikkan Hb Pada Bunda Hamil – Aladokter

Anemia dapat mengancam keselamatan janin, lakukan cara mempertinggi Hb dalam ibu hamil sebelum terlambat.

Hb atau hemoglobin adalah protein kaya zat besi yang berada di pada sel darah merah (eritrosit). Fungsi utamanya adalah buat mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh sekaligus membawa karbon dioksida kembali ke paru.

Di pada hemoglobin terdapat 2 komponen primer, yakni heme yg adalah derivat porfirin yang mengandung besi & globin yang adalah gugus protein yang melingkupi heme. Dua komponen utama inilah yang kemudian menjamin kapasitas hemoglobin dalam mengikat oksigen dan memberi rona merah pada eritrosit.

Batas normal nilai hemoglobin buat seorang bhineka tergantung dalam usia & jenis kelamin. Untuk itu, WHO telah menciptakan suatu ketetapan yg dapat sebagai patokan dalam menilai batas normal hemoglobin pada tubuh seorang, antara lain yakni:Anak 6 bulan – 6 tahun = 11,0 gr/dL.Anak 6 tahun – 14 tahun = 12,0 gr/dL.Pria dewasa = 13,0 gr/dL.Wanita dewasa = 12,0 gram/dL.Ibu hamil = 11,0 gram/dL (tergantung usia kehamilan).

Baca: Kadar Hb Normal Ibu Hamil yang Harus Dipertahankan

Jika output tes lab menerangkan nilai di bawah nomortersebut, ialah tubuh mengalami kekurangan hemoglobin (Hb).

Kenapa makhamil rentan mengalami penurunan hemoglobin?

Pada perempuanhamil, penurunan kadar Hb sangat umum dialami lantaran terjadi proses hemodilusi atau pertambahan volume cairan dalam pembuluh darah yang mengakibatkan pengaruh pengenceran & turunnya konsentrasi Hb.Adapun cara menaikkan Hb pada ibu hamil yakni sebagai berikut:1. Perbanyak Asupan Makanan Kaya Zat Besi

Langkah pertama yang harus Bunda terapkan guna meningkatkan kembali kadar Hb adalah dengan mengonsumsi lebih banyak kuliner kaya zat besi. Beberapa antara lain yakni makanan bahari seperti tiram atau udang, daging maupun hati sapi atau ayam, sayur bayam & kacang-kacangan.2. Konsumsi Pula Makanan Sumber Folat & Vitamin B12

Folat & vitamin B12 merupakan substansi penting yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan heme – galat satu komponen utama hemoglobin yang membuat darah berwarna merah. Pada bunda hamil, kecukupan asupan folat & vitamin B-12 masing-masingnya adalah sebesar 400 mcg/hari & 2.6 mcg/hari.

Jumlah itu bisa terpenuhi menggunakan poly mengonsumsi makanan tinggi folat seperti kacang lentil, sayuran hijau, alpukat & kuliner kaya vitamin B-dua misalnya daging merah, daging ikan, susu & produk olahannya, telur & sereal yg diperkaya.tiga. Maksimalkan Penyerapan Zat Besi

Konsumsi kuliner tinggi zat besi harus diimbangi juga dengan asupan dari sumber pangan enhancer agar zat besi yang masuk ke pada tubuh dapat diserap secara aporisma. Oleh karenanya, konsumsilah makanan yg kaya akan protein, vitamin C, vitamin A dan beta-karoten. Masing-masing diantaranya yakni:Makanan tinggi protein. Daging merah, daging unggas, daging ikan, kacang-kacangan, polong-polongan dan biji-bijian.Makanan tinggi vitamin C. Buah-buahan misalnya jambu biji, pepaya, kiwi, paprika atau jeruk & sayuran seperti brokoli, kembang Kolonel dan kubis.Makanan tinggi vitamin A & beta-karoten. Ikan berlemak, hati sapi maupun hati ayam, labu kuning, wortel, ubi jalar, mangga dan melon kuning.4. Hindari Makanan Penghambat Penyerapan Zat Besi

Sumber pangan inhibitor zat besi merupakan asal makanan yg bisa menghambat penyerapan zat besi pada pada tubuh. Beberapa model diantaranya yakni kuliner tinggi tanin misalnya teh & kopi, kuliner yg mengandung fitat misalnya tahu & tempe serta kuliner tinggi kalsium seperti susu sapi & produk turunannya. Dengan demikian, hindari konsumsi secara bersamaan beberapa makanan tersebut waktu makan.5. Minumlah Suplemen Zat Besi

Suplemen zat besi dapat diberikan pada makhamil dengan kadar Hb rendah. Salah satu yang paling umum dan sering diberikan sang dokter adalah Ferrous Sulfate. Suplemen ini dapat dikonsumsi 2 – 3 kali sehari atau sesuai dengan anjuran dokter.

Terakhir, buat menaikkan juga mempertahankan kadar normal Hb selama kehamilan, Bunda diharuskan buat bisa tidur nyenyak dan berkualitas pada malam hari. Di samping itu, lakukan pula olahraga menggunakan intensitas ringan misalnya berjalan kaki pada pagi harinya.

Segera periksakan diri ke dokter, jika Bunda mendapati sejumlah gejala misalnya:Kulit & gusi nampak pucat.Kelelahan dan kelemahan otot.Detak jantung tidak beraturan.Sering sakit kepala.Praktis memar tanpa karena yg kentara.

Pada kondisi tersebut, Bunda mungkin disarankan buat melakukan transfusi sel darah merah guna mencegah kemungkinan lebih tidak baik.

6 surat keteranganLynne Eldridge, MD, Verywellhealth. 2019. Hemoglobin Importance Within the Body. Diakses Maret 2018.Kathryn Watson, Healthline. 2018. How to Raise Your Hemoglobin Count. Diakses Maret 2018.Bethany Cadman, Medicalnewstoday. 2018. How to increase hemoglobin: Home remedies. Diakses Maret 2018.Mahak Arora, Parenting.firstcry. 2018. How to Improve Hemoglobin Level during Pregnancy. Diakses Maret 2018.Dr. Josh Axe, DC, DMN, CNS, Draxe. 2018. Top 10 Vitamin A Foods + Their Benefits. Diakses Maret 2018.Verena Tan, RD, PhD, Healthline. 2017. How to Increase the Absorption of Iron From Foods. Diakses Maret 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *