Cara Menaikkan Penyerapan Zat Besi Menurut Kuliner

Makanan Manakah yang Mengandungnya?

Makanan Manakah yang Mengandungnya? Anda mungkin pernah mendengar bahwa Anda bisa mendapatkan zat besi dari daging merah, tetapi ada poly kuliner lain yang secara alami mengandung zat besi. Dalam kuliner, zat besi hadir pada dua bentuk: heme & non-heme. Sumber Besi Heme Zat besi heme ditemukan dalam makanan hewani yang mengandung hemoglobin, misalnya daging, ikan, & unggas. Besi heme merupakan bentuk besi terbaik, karena hingga 40% darinya mudah diserap oleh tubuh Anda. Sumber kuliner yg baik dari zat besi heme mencakup: Daging sapi Babi Ayam Daging sapi muda Ikan misalnya halibut, haddock, hinggap, salmon atau tuna Kerang seperti kerang, tiram dan remis Daging merah dan jeroan seperti hati adalah asal yg sangat baik. Sumber Zat Besi Non-Heme Zat besi non-heme terutama berasal berdasarkan asal tumbuhan & hadir pada biji-bijian, sayuran dan kuliner yang diperkaya. Ini merupakan bentuk yg ditambahkan ke kuliner yang diperkaya atau diperkaya menggunakan zat besi, dan poly suplemen. Diperkirakan 85–90% berdasarkan total asupan zat besi berasal menurut bentuk non-heme, sedangkan 10-15% dari berdasarkan bentuk heme. Dalam hal bioavailabilitasnya, besi non-heme diserap jauh lebih efisien daripada besi heme. Sumber zat besi non-heme yang baik mencakup: Sereal, beras, terigu, & gandum yg diperkaya Sayuran berdaun hijau tua seperti bayam dan kangkung Buah-buahan kemarau seperti kismis dan aprikot Kacang-kacangan misalnya lentil & kedelai Ringkasan: Zat besi heme ditemukan pada makanan hewani, sedangkan zat besi non-heme asal berdasarkan sumber botani. Bentuk heme lebih baik diserap sang tubuh Anda daripada bentuk non-heme.

* você pode encontrar uma variedade de outras informações nesta páginaе *

(fakta nutrisi)Populasi Tertentu Mungkin Beresiko Kekurangan

Populasi Tertentu Mungkin Beresiko Kekurangan Kekurangan zat besi adalah penyebab paling generik menurut anemia, yang mempengaruhi satu miliar orang pada seluruh dunia. Seseorang yg kekurangan zat besi mungkin mempunyai berbagai tanda-tanda, termasuk kelelahan, pusing, sakit kepala, kepekaan terhadap dingin & sesak napas saat melakukan tugas-tugas sederhana. Selain itu, kekurangan zat besi bisa menyebabkan rentang perhatian & fungsi mental yg lebih tidak baik. Faktanya, kekurangan dalam anak usia dini sudah dikaitkan menggunakan IQ yang lebih rendah. Anak-anak, remaja dan perempuanusia reproduksi, terutama selama kehamilan, paling berisiko kekurangan zat besi. Ini karena asupannya nir memenuhi kebutuhan tubuh yang tinggi. Selain itu, umumnya dianggap bahwa vegetarian & vegan lebih rentan terhadap kekurangan zat besi. Namun, yg menarik, penelitian menunjukkan bahwa pola makan vegetarian dan vegan mengandung zat besi yang sama banyaknya, bila tidak lebih, daripada kuliner yang mengandung daging. Namun, meskipun vegetarian bisa mengonsumsi zat besi sebesar non-vegetarian, sebuah tinjauan menemukan bahwa mereka masih berisiko lebih akbar mengalami defisiensi. Ini karena mereka mengkonsumsi terutama zat besi non-heme, yang tidak diserap serta bentuk heme dalam produk hewani. Secara umum direkomendasikan agar vegetarian melipatgandakan asupan zat besi yang direkomendasikan sebesar 1,8 kali untuk mengimbangi penyerapan yang berkurang. Ringkasan: Kekurangan zat besi sangat umum. Mereka yg paling berisiko termasuk anak-anak, remaja, wanita usia reproduksi, wanita hamil, vegetarian & vegan.Makanan yang Membantu Anda Menyerap Lebih Banyak Zat Besi

Makanan yang Membantu Anda Menyerap Lebih Banyak Zat Besi Meskipun tidak seluruh zat besi kuliner diserap secara merata, beberapa makanan dapat menaikkan kemampuan tubuh Anda buat menyerapnya. Makanan Kaya Vitamin C Vitamin C telah terbukti menaikkan penyerapan zat besi. Ini menangkap zat besi non-heme dan menyimpannya dalam bentuk yang lebih gampang diserap sang tubuh Anda Makanan tinggi vitamin C termasuk butir jeruk, sayuran berdaun hijau tua, paprika, melon dan stroberi. Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi 100 mg vitamin C menggunakan kuliner menaikkan penyerapan zat besi sebanyak 67% Oleh karena itu, minum juz jeruk atau makan kuliner lain yg kaya vitamin C ketika Anda makan makanan tinggi zat besi bisa mempertinggi penyerapan tubuh Anda. Dalam pola makan vegetarian dan vegan, penyerapan zat besi dapat dioptimalkan dengan memasukkan sayuran yang mengandung vitamin C selama makan Makanan Dengan Vitamin A dan Beta-Carotene Vitamin A memainkan peran krusial pada menjaga kesehatan penglihatan, pertumbuhan tulang & sistem kekebalan tubuh Anda. Beta-karoten adalah pigmen merah-oranye yang ditemukan pada tumbuhan & buah-buahan. Hal ini dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh Anda. Sumber kuliner yang baik berdasarkan beta-karoten dan vitamin A termasuk wortel, ubi jalar, bayam, kangkung, labu, paprika merah, melon, aprikot, jeruk & butir persik. Satu studi terhadap 100 orang yg diberi kuliner berbasis sereal menemukan bahwa kehadiran vitamin A meningkatkan penyerapan zat besi sampai 200% buat nasi, 80% untuk terigu, dan 140% buat jagung Dalam studi yg sama, menambahkan beta-karoten ke dalam makanan mempertinggi penyerapan lebih menurut 300% untuk beras dan 180% buat gandum dan jagung Daging, Ikan dan Unggas Daging, ikan, dan unggas nir hanya menyediakan zat besi heme yang diserap dengan baik, tetapi juga bisa merangsang penyerapan bentuk non-heme. Beberapa penelitian sudah melaporkan bahwa penambahan daging sapi, ayam atau ikan ke dalam kuliner berbasis sereal membentuk lebih kurang 2-tiga kali lebih besarpenyerapan zat besi non-heme Penelitian juga menunjukkan bahwa menambahkan 75 gram daging ke pada kuliner menaikkan penyerapan zat besi non-heme kurang lebih dua,5 kali lipat, dibandingkan menggunakan makanan tanpanya Berdasarkan temuan penelitian, diperkirakan bahwa 1 gram daging, ikan atau unggas memberikan impak peningkatan yg serupa dengan 1 mg vitamin C Ringkasan: Anda bisa menaikkan penyerapan zat besi dari makanan menggunakan mengonsumsi makanan tinggi vitamin C, vitamin A atau beta-karoten. Makan daging, ikan atau unggas dengan makanan lain juga bisa membantu.Makanan Yang Dapat Menghambat Penyerapan Zat Besi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *