Cara Menaikkan Kadar Hemoglobin

Hemoglobin adalah senyawa kompleks kaya zat besi yg masih ada di pada darah. Fungsi utamanya adalah buat membawa oksigen berdasarkan paru-paru ke sel-sel yang ada pada banyak sekali bagian pada tubuh Anda. Fungsi penting lainnya merupakan mengangkut karbon dioksida dari sel-sel & membawanya ke paru-paru. Kadar hemoglobin yg normal pada pada darah yaitu antara 13,lima hingga 18 g/dL dalam laki-laki& 12 hingga 16 g/dL pada perempuan. Jika kadar hemoglobin Anda rendah, Anda dapat berupaya meningkatkannya menggunakan cara menciptakan perubahan pola makan, mencoba pengobatan alami, & apabila mau, menggunakan pengobatan medis. Lihat Langkah 1 pada bawah ini untuk memulai.

Makanlah kuliner yg kaya akan zat besi. Zat besi merupakan elemen penting dalam produksi hemoglobin. Jika Anda menderita kekurangan kadar hemoglobin, tingkatkan konsumsi kuliner yg kaya akan zat besi seperti:[1]HatiDagingUdangDaging SapiTahuBayamNanasKacang-kacangan seperti butir badam (kacang almond). Kacang ini wajibdimakan pada jumlah yg aman buat menghindari terjadinya reaksi alergi.

Tingkatkan asupan vitamin C Anda. Vitamin C dapat memfasilitasi penyerapan zat besi pada pada tubuh. Kebutuhan vitamin C dapat dipenuhi menggunakan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran berikut:Jeruk manisManggaJeruk keprokStroberiKubisBrokoliPaprikaBayam

Makanlah lebih banyak makanan kaya akan asam folat. Asam folat sangatlah penting pada produksi sel darah merah. Makanan yang kaya akan asam folat diantaranya:Biji-bijianKacang tanahIntisari teriguKecambahBrokoliKacang-kacanganapabila pola makan Anda pula menyertakan poly vitamin C, Anda dianjurkan buat memakan sedikit lebih poly asam folat lantaran vitamin C menciptakan tubuh mengekskresikan asam folat.

Makanlah gandum utuh. Bubur serealia, pasta dan roti yg terbuat menurut terigu utuh kaya akan zat besi. Seperti yg sudah kita bahas, zat besi merupakan komponen utama dalam produksi hemoglobin (darah membutuhkannya untuk membentuk protein). Mengonsumsi kuliner-kuliner ini dapat menaikkan kadar zat besi dalam tubuh Anda, yang lalu akan menaikkan kadar hemoglobin Anda.Hindari roti tawar putih, bubur serealia putih, & pasta putih. Proses pengolahan sudah menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalam makanan-makanan ini, yg jua menyebabkannya kehilangan warnanya. Makanan-kuliner ini memberikan manfaat gizi yang lebih sedikit & tak jarang hanya dipenuhi oleh karbohidrat, atau gula.

Hindari kuliner yg memblokir zat besi. Hindari pemblokir zat besi – ini merupakan makanan-makanan yg bisa menghentikan kemampuan tubuh buat menyerap zat besi. Contoh kuliner & substansi pemblokir zat besi adalah:[dua]PeterseliKopiSusuTehMinuman yg mengandung kolaObat antasid yg dijual bebas di pasaranMakanan yg kaya akan serat & kalsium

Usahakan untuk memakan gluten pada jumlah yg lebih sedikit. Gluten merupakan bentuk dari protein yg bisa Anda dapatkan menurut gandum. Bagi sebagian orang yg menderita enteropati sensitif-gluten, asupan makanan yg mengandung gluten bisa menghambat lapisan usus kecil, yg lalu bisa mengakibatkan gangguan dalam penyerapan nutrisi termasuk kalsium, lemak, asam folat & zat besi.Sekarang ini, melakukan diet yg bebas gluten tidaklah sulit. Banyak restoran melayani orang-orang yg perlu memakan makanan bebas gluten dan pula banyak produk yang dijual pada toko bahan makanan diberi label gluten pada kemasannya.

Gunakan suplemen Withania (herba India) buat meningkatkan kadar hemoglobin. Penelitian memberitahuakn bahwa penggunaan herba ini sahih-sahih dapat menaikkan kadar hemoglobin, terutama pada anak-anak. Herba ini digunakan dalam pengobatan ayurweda (pengobatan alternatif menurut India) buat mengobati anemia dampak kekurangan zat besi.[tiga]Dalam penelitian yg dilakukan dalam orang-orang yang menggunakan Withania, jumlah sel darah merah meningkat & kadar hemoglobin jua semakin tinggi. Bicarakan dengan dokter Anda mengenai suplemen ini dan seberapa banyak takaran yg sempurna untuk Anda.

Konsumsilah daun jelatang untuk memperoleh asupan makanan yang kaya akan zat besi. Daun jelatang merupakan herba yang bisa Anda gunakan menjadi asal makanan yg kaya akan zat besi & umumnya dipakai buat mengobati artritis (radang sendi). Zat besi berperan penting dalam produksi & penyerapan hemoglobin. Semakin banyak zat besi yg Anda konsumsi, semakin banyak hemoglobin yang akan diproduksi.Daun jelatang bisa Anda dapatkan di toko-toko vitamin dan suplemen serta secara daring (online). Herba ini tersedia pada bentuk minyak, kapsul, dan bahkan pada bentuk teh.

Cobalah mengonsumsi suplemen dong quai. Penelitian membicarakan bahwa mengonsumsi dong quai bisa mengembalikan kadar hemoglobin hingga hampir mencapai kadar normal.[4]Tanaman ini biasanya digunakan menjadi obat tradisional buat mengobati sindrom pramenstruasi (PMS), tanda-tanda-gejala menstruasi, kram menstruasi, sembelit dan anemia. Kandungan kobalt di dalam dong quai diketahui menaikkan kadar hemoglobin darah Anda.Dong quai umumnya tersedia pada bentuk kapsul. Walaupun demikian, herba ini juga bisa dipakai menjadi minyak yg bisa Anda campurkan ke pada minuman Anda. Dong quai tersedia pada toko-toko suplemen, sejumlah apotek, dan secara daring.

Pertimbangkan buat mencoba mengonsumsi chitosan. Penelitian memperlihatkan bahwa pasien penderita gagal ginjal yang diberi 45 mg chitosan menampakan kadar kolesterol yg nisbi berkurang dan kadar hemoglobin yg semakin tinggi.[lima]Bicarakan dengan dokter Anda mengenai pengobatan alami ini dan apakah pengobatan ini tepat buat Anda.Chitosan tersedia secara daring & pada toko-toko suplemen vitamin spesifik. Untuk warta, cara membacanya (pada bahasa inggris) yaitu kait-oh-sen.

Bicarakan menggunakan dokter tentang anugerah suplemen buat menaikkan kadar hemoglobin Anda. Sebagian pasien disarankan untuk mengonsumsi obat-obatan atau suplemen, baik yang diresepkan oleh dokter maupun yg dijual bebas pada pasaran, buat menaikkan kadar hemoglobin mereka. Suplemen-suplemenyang disarankan diantaranya:[6]20-25 mg zat besi per hari. Zat besi menstimulasi produksi hematin (asam yg diperlukan buat menyempurnakan sel darah merah yg baru).400 mikrogram asam folat per hari. Asam folat dibutuhkan buat menaikkan produksi sel-sel darah merah yg mengangkut hemoglobin.50-100 mcg vitamin B6 per hari. Vitamin B6 pula berfungsi buat meningkatkan produksi sel darah merah.500-1000 mg vitamin B12 per hari. Vitamin B12 dibutuhkan buat menaikkan jumlah sel darah merah.1000 mg vitamin C per hari. Vitamin C pula dibutuhkan untuk produksi sel darah merah.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang penyuntikan eritropoietin. Eritropoietin adalah hormon yg diproduksi sang ginjal buat menaikkan produksi sel-sel darah merah oleh sumsum tulang. Ketika sel-sel ginjal merasa kadar oksigen dalam darah terlalu rendah, ginjal memproduksi dan mengeluarkan eritropoietin buat menstimulasi sumsum tulang supaya membuat lebih banyak sel-sel darah merah. Peningkatan jumlah sel darah merah jua bisa menaikkan kapasitas darah buat mengangkut oksigen.Umumnya, fungsi utama eritropoietin yaitu mendorong produksi sel-sel darah merah dan memulai sintesis hemoglobin (suatu komponen dari sel-sel darah merah yang berperan penting dalam pengangkutan oksigen) .Eritropoietin diberikan menggunakan cara injeksi, baik melalui pembuluh darah vena juga melalui subkutan/area bawah kulit (bagian eksternal & berlemak dalam kaki & paha).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *