Suplemen Vitamin C, Cara Mengatasi Kurang Darah Yg Honestdocs

Dipublish tanggal: Agu 26, 2019Update terakhir: Okt 12, 2020Tinjau pada Mar 19, 2020Waktu baca: tiga mnt

Anemia defisiensi besi didefinisikan sebagai penurunan total kandungan zat besi dalam darah. Anemia defisiensi besi terjadi ketika defisiensi mineral besi cukup parah buat mengurangi erythropoiesis (proses pembentukan sel darah merah) dan menyebabkan perkembangan kurang darah. 

Anemia defisiensi besi adalah kurang darah yg paling tak jarang terjadi hampir pada semua global. Untuk mengobati kurang darah defisiensi besi, dokter mungkin akan menyarankan Anda mengonsumsi suplemen zat besi. 

Iklan dari HonestDocsBeli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Namun selain mengkonsumsi suplemen zat besi, dokter pula menyarankan mengkonsumsi vitamin C. Vitamin C bisa mempertinggi penyerapan zat besi.

Dokter mungkin merekomendasikan mengkonsumsi tablet zat besi dengan segelas juz jeruk atau menggunakan suplemen vitamin C.

Berikut penerangan lebih lanjut tentang penggunaan vitamin C buat mengatasi kurang darah.

Makanan Yang Membantu Anda Menyerap Lebih Banyak Zat Besi

Meskipun tidak semua zat besi bisa diserap secara merata, beberapa jenis kuliner tertentu dapat menaikkan kemampuan tubuh Anda untuk menyerapnya.

Makanan yg Kaya Vitamin C

Vitamin C sudah terbukti bisa mempertinggi penyerapan zat besi. Vitamin C dapat menangkap zat besi non-heme & menyimpannya dalam bentuk yg lebih gampang diserap oleh tubuh Anda.

Makanan tinggi vitamin C termasuk butir jeruk, sayuran berdaun hijau gelap, paprika, melon dan stroberi. Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi 100 mg vitamin C dengan kuliner dapat menaikkan penyerapan zat besi sebesar 67%.

Iklan dari HonestDocsBeli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Oleh karena itu, mengkonsumsi juz jeruk atau makan makanan lain yang kaya vitamin C sambil mengkonsumsi kuliner tinggi zat besi bisa menaikkan penyerapan zat besi di tubuh Anda. 

Dalam diet vegetarian & vegan, penyerapan zat besi bisa dioptimalkan menggunakan memasukkan sayuran yang mengandung vitamin C selama makan .

Selain mengkonsumsi makanan atau suplemen yg mengandung vitamin C, terdapat beberapa jenis asal makanan lainnya yg dapat membantu penyerapan zat besi, misalnya:

Makanan menggunakan Vitamin A dan Beta-Karoten

Vitamin A berperan krusial dalam menjaga kesehatan penglihatan, pertumbuhan tulang, & sistem kekebalan tubuh Anda.

Beta-karoten merupakan pigmen merah-oranye yang ditemukan pada flora dan buah-buahan. Beta-karoten bisa diubah menjadi vitamin A pada tubuh Anda.

Sumber makanan beta-karoten & vitamin A yg baik termasuk wortel, ubi jalar, bayam, kangkung, labu, paprika merah, blewah, aprikot, jeruk, & butir persik.

Iklan berdasarkan HonestDocsBeli Vitamin & Suplemen via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Satu penelitian terhadap 100 orang yang diberi kuliner berbasis sereal menemukan bahwa kehadiran vitamin A dapat mempertinggi penyerapan zat besi hingga 200% buat beras, 80% untuk terigu dan 140% buat jagung.

Dalam studi yg sama, menambahkan beta-karoten ke dalam makanan juga dapat menaikkan penyerapan lebih menurut 300% buat beras dan 180% buat terigu & jagung.

Daging, Ikan, dan Unggas

Daging, ikan, dan unggas nir hanya menyediakan zat besi heme yang terserap dengan baik, mereka pula bisa merangsang penyerapan bentuk non-heme.

Beberapa penelitian sudah melaporkan bahwa penambahan daging sapi, ayam atau ikan ke makanan berbasis sereal membentuk sekitar dua-tiga kali lebih besarpenyerapan zat besi non-heme.

Penelitian pula memperlihatkan bahwa menambahkan 75 gr daging ke dalam makanan dapat menaikkan penyerapan zat besi non-heme sekitar dua,5 kali, dibandingkan menggunakan kuliner tanpa daging. 

Berdasarkan temuan penelitian, diperkirakan 1 gr daging, ikan atau unggas memberikan efek peningkatan yg serupa dengan 1 mg vitamin C.

Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin C buat menaikkan penyerapan Zat Besi

Anda dapat menaikkan penyerapan zat besi oleh tubuh Anda dengan minum juz jeruk atau makan kuliner lain yang kaya vitamin C dalam waktu yg sama Anda makan kuliner yg tinggi zat besi. 

Vitamin C pada juz jeruk & makanan yg kaya vitamin C lainnya dapat membantu tubuh Anda menyerap zat besi yang lebih baik.

Vitamin C jua bisa ditemukan di beberapa asal kuliner sebagai berikut:

Brokoli

Jeruk bali

Kiwi

Sayuran hijau

Melon

Jeruk

Paprika

Stroberi

Tomat

Buah-buahan dan sayuran segar merupakan asal vitamin C terbaik. Tetapi, proses mengolah yang keliru pula dapat mengurangi hingga 50-80 % kandungan vitamin C dalam kuliner tadi. 

Jadi saat memasak kuliner, Anda perlu mengetahui cara yang tepat. Jangan memasak butir dan sayur yg tinggi vitamin C pada api yg panas, pastikan suhunya nir terlalu panas (low heat) & tambahkan sedikit air buat mengurangi jumlah vitamin C yang terbuang.

Tim Editorial HonestDocs berkomitmen buat memberikan berita yang akurat pada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter & praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yg bonafide berdasarkan institusi terkait. Anda dapat menyelidiki lebih lanjut tentang proses editorial kami pada sini.

Artikel ini hanya sebagai fakta kesehatan, bukan penaksiran medis. HonestDocs menyarankan Anda buat permanen melakukan konsultasi pribadi menggunakan dokter yg ahli dibidangnya.

Terima kasih telah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?(1 Tidak bermanfaat/ 5 Sangat berguna)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *