Diet: Cara Meningkatkan Feritin

TipTanda & Gejala Feritin RendahTingkat Feritin yg IdealMeningkatkan Tingkat Feritin Dengan Makanan Kaya BesiSaat Makanan Tidak Cukup

Besi adalah galat satu mineral yang paling melimpah di alam.

Ferritin merupakan protein dalam tubuh Anda yg menyimpan zat besi. Jadi waktu kadar feritin Anda turun rendah, kadar zat besi Anda cenderung turun jua, berpotensi menyebabkan kurang darah defisiensi besi. Makan kuliner yg sehat, cukup dalam makanan kaya zat besi, bisa membantu meningkatkan kadar feritin Anda. apabila Anda masih nir bisa memenuhi kebutuhan Anda, dokter Anda mungkin akan merekomendasikan suplemen.Tip

Tingkatkan kadar ferritin Anda dengan menaikkan asupan kuliner kaya zat besi, seperti daging tanpa lemak, kacang-kacangan dan makanan bahari. apabila kadar Anda permanen rendah, bicarakan menggunakan dokter Anda mengenai kebutuhan potensial buat suplemen.Tanda & Gejala Feritin Rendah

Dokter Anda mungkin merekomendasikan tes darah buat mengukur kadar feritin Anda jika kadar besi rendah dicurigai. Gejala dan pertanda-tanda kekurangan zat besi dapat termasuk kulit kuning atau pucat, pusing & kelelahan ekstrim, menstruasi berat, darah pada tinja Anda, sesak napas atau nyeri dada dan “mendesing” atau suara berdebar-debar di indera pendengaran Anda.Tingkat Feritin yg Ideal

Kisaran normal feritin Anda tergantung dalam usia & jenis kelamin Anda. Wanita dewasa usia 19 hingga 39 tahun seharusnya mempunyai tingkat mulai dari 10 sampai 120 nanogram per mililiter, kemudian berdasarkan 12 sampai 263 nanogram per ml selesainya itu. Untuk laki-lakidewasa, kisaran normal merupakan 20 sampai 250 nanogram per ml. Kebanyakan orang sehat bisa memenuhi kebutuhan mereka dengan makan makanan kaya zat besi. Namun, jika Anda makan diet ketat vegan atau diet penurun berat badan, menstruasi berat atau memiliki syarat misalnya gagal jantung, Anda mungkin memerlukan suplemen buat memenuhi level ini.Meningkatkan Tingkat Feritin Dengan Makanan Kaya Besi

Sumber kaya zat besi termasuk tiram, cokelat hitam, kacang putih dan hati sapi, yang semuanya memberikan kurang lebih 30 hingga 45 persen menurut Nilai Harian Administrasi Makanan dan Obat per porsi. Beberapa sereal yg diperkaya menyediakan 100 % dari DV, atau 18 miligram. Sumber lain yg berharga termasuk jenis kacang, lentil, sarden, bayam, & tahu lainnya. Jika Anda bergantung dalam asal-sumber zat besi vegetarian, padukan dengan makanan yang kaya vitamin C, seperti tomat dan stroberi, buat menaikkan penyerapan. Tubuh memproses sumber ferritin yang asal dari hewan lebih mudah.Saat Makanan Tidak CukupJika kadar ferritin Anda permanen rendah setelah Anda melakukan perubahan pola makan, atau Anda memiliki syarat yg mengganggu penyerapan zat besi, dokter Anda mungkin menyarankan suplemen. Beberapa multivitamin mengandung 100 % menurut DV buat besi. Suplemen hanya zat besi umumnya menyediakan 65 miligram, yaitu 360 % dari DV. Asupan tambahan ini mungkin berguna bila Anda memiliki kekurangan parah atau bila tubuh Anda tidak dapat memakai atau menyimpan zat besi secukupnya. Pergi ke laut tidak mungkin melalui kuliner, tetapi Anda bisa merogoh terlalu banyak zat besi melalui suplemen. Berlatih berhati-hati menggunakan suplemen, mematuhi instruksi dokter Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *