Ini Dia Contoh Riwayat Hidup Yang Baik Dan Benar

Kumpulan Contoh Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Pekerjaan | Indozone.id

Apakah kamu dalam waktu dekat akan melamar pekerjaan? Jika ya, maka kamu perlu mempersiapkan contoh riwayat hidup. Siapa yang tidak kenal dengan daftar riwayat hidup, sejak sekolah pun kita pernah membahas mengenai daftar riwayat hidup yang sebagai bentuk syarat dalam melamar pekerjaan.

Daftar riwayat hidup biasanya disebut sebagai CV atau Curriculum Vitae. CV merupakan daftar riwayat hidup yang menjadi pelengkap aplikasi lamaran pekerjaan. Dimana dokumen untuk melamar pekerjaan biasanya terdiri dari fotocopy identitas diri, surat lamaran, daftar riwayat hidup, pas foto dan berbagai ijazah pendukung lainnya.

Daftar riwayat hidup biasanya berisi identitas diri dan pengalaman bekerja calon pelamar. Dengan adanya daftar riwayat hidup, maka perusahaan bisa lebih mengenal calon pelamar secara mendalam dengan mudah. Bagaimana tidak, di dalamnya sudah dilengkapi berbagai informasi dan bahan pertimbangan untuk kamu yang menjadi kandidat pelamar. Untuk itu, dalam membuat daftar riwayat hidup hendaknya kamu membuat dengan teliti.

Bagi kamu calon pelamar kerja baru yang baru saja lulus, maka kamu tentu membutuhkan contoh daftar riwayat hidup sebagai referensi bukan? Untuk itu, berikut merupakan contoh daftar riwayat hidup yang baik dan benar dan bisa kamu jadikan referensi dalam melamar pekerjaan.

Daftar Riwayat Hidup Adalah

Sebelum melihat contoh daftar riwayat hidup, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu daftar riwayat hidup. Daftar riwayat hidup sebenarnya memiliki arti perjalanan hidup yang berisi data pribadi dan pengalaman pelamar pekerjaan.

Perjalanan hidup yang dimaksud seperti biodata, riwayat pendidikan, riwayat pengalaman bekerja dan lain sebagainya.

Perlu diketahui, biasanya semakin tinggi pendidikan seseorang maka dalam daftar riwayat hidup hanya dicantumkan pendidikan tertinggi saja. Hal ini sejalan dengan focus utama saat mengajukan lamaran pekerjaan.

Unsur Dalam Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup berisi beberapa unsur sebagai berikut:

1.      Identitas diri

Data diri adalah hal yang wajib ada di dalam daftar riwayat hidup. Identitas diri berisikan nama lengkap, tempat tanggal lahir, nomor handphone, email dan lain sebagainya. Hal ini harus benar-benar dikerjakan dengan tepat agar membantu HRD mengenal kita secara personal.

2.      Riwayat pendidikan

Riwayat pendidikan adalah hal penting yang harus kami isi. Bagaimana tidak, pendidikan menjadi hal focus utama kamu dalam melamar pekerjaan.

3.      Pengalaman bekerja

Pengalaman bekerja merupakan salah satu hal yang dibutuhkan HRD dalam mencocokan kelayakan pelamar baru. Pastikan kamu mengisi pengalaman bekerja dengan benar.

4.      Keterangan tambahan

Keterangan tambahan yang dimaksud seperti kemampuan kamu dalam mengoperasikan computer, kemampuan berbahasa, keahlian dan lain sebagainya yang bisa kamu jadikan nilai lebih atas dirimu.

Contoh Riwayat Hidup

Berikut merupakan contoh riwayat hidup yang bisa kamu coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *